Kamis, 10 April 2008

Artis Ternama Akan Buka Kampanye Pilgub Bali

DENPASAR - Deretan artis dan seniman nasional dipastikan akan memeriahkan perhelatan Pilgub Bali. Kehadiran mereka bukan sebagai Jurkam salah satu kandidat melainkan untuk menjadikan momentum Pilgub sebagai atraksi budaya.

KPUD Bali telah memastikan kedatangan Trie Utami dan Dewa Budjana saat pembukaan masa kampanye pada tanggal 22 Juni mendatang.

"Kami juga sudah melakukan pendekatan ke Putu Wijaya agar berkenan melantunkan puisinya," terang Ketua KPUD AA Gede Oka Wisnumurti saat menyampaikan sosialisasi tahapan Pilgub di Hotel Sindhu, Kamis (10/4/2008).

KPUD Bali juga akan meminta, agar setiap pasangan calon menampilkan atraksi budaya saat pembukaan kampanye bersama. Mengenai bentuknya diserahkan sepenuhnya kepada tim kreatif setiap kandidat.

"Tujuannya agar kesan angker politik semakin luntur dan masyarakat bisa menilai kandidat mana yang paling disukai," tegasnya.

Setelah acara pembukaan kampanye bersama usai, sambung Wisnumurti, para kandidat Pilgub akan diarak menggunakan kereta kencana dari Bajra Sandhi, Renon menuju Jaya Sabha (rumah dinas gubernur). Bentuk kegiatan ini sebagai simbol rakyat mengantarkan calon pemimpin ke kediamannya.

"Sekalian jika para kandidat ingin menginap di sana tidak apa-apa," guraunya disambut tawa para peserta sosialisasi tahapan Pilgub.

Tak hanya itu, dalam proses pemungutan suara para petugas di TPS juga diwajibkan mengenakan pakaian adat madya Bali. "Kami juga mengimbau agar para pemilih melakukan hal serupa," harapnya.

Guna mengsukseskan momentum Pilkada ini Pemerintah Propinsi Bali telah mengucurkan dana sebesar Rp43,7 Milyar ke KPUD. Rinciannya Rp 11, 7 M untuk belanja pegawai, Rp 12 M belanja barang dan jasa, dan operasional Rp 19 M.
http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/04/10/1/99449/artis-ternama-akan-buka-kampanye-pilgub-bali